Senin, 29 Februari 2016

Cagar Alam Sibolangit Cagar Alam Yang Asri Tiada Duanya

Cagar Alam Sibolangit Cagar Alam Yang Asri Tiada Duanya


 Dibalik keramaian dan padatnya Kota Medan, ternyata terdapat tempat lokasi wisata yang masih asri dan hijau. Lokasi wisata tersebut adalah yang terletak di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Akses untuk menuju lokasi sangat mudah, jarak tempuh dari Kota  ke lokasi  adalah sekitar 40 Km yang dapat di tempuh oleh kendaraan umum, pribadi atau sewaan dengan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan.

 Walaupun terletak pada ketinggian 500 meter di atas permukaan laut dan berbukit, kondisi jalan menuju lokasi juga sangat baik, tidak ada jalan rusak, akan tetapi jalannya berkelok-kelok dan terjal. Sepanjang perjalanan menuju lokasi akan ditemukan kios-kios penjual buah, terutama buah durian hutan dan tidak lengkap rasanya bila tidak mencicipi durian tersebut.

Cagar Alam Sibolangit

 Di sebelah ruas kanan jalan akan ditemukan sumber air yang sudah diusahakan sejak tahun 1959 dan dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi. Tidak jauh dari situ, di ruas kiri jalan terlihat papan informasi yang berisi petunjuk bahwa sudah memasuki gerbang kawasan Hutan Sibolangit.


Dahulu pada tahun 1914, Cagar Alam Sibolangit ini merupakan Kebun Raya Sibolangit yang merupakan cabang dari Kebun Raya Bogor yang didirikan oleh Tuan J.A. Lorzing dengan luas lebih dari 100 hektar. Kemudian pada tanggal 10 Maret 1938, Kebun Raya Sibolangit ditetapkan menjadi Cagar Alam Sibolangit berdasarkan Surat Keputusan Z.B. No.37/PK, lalu pada tahun 1980, lahan seluas lebih dari 24 hektar melalui Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 636/Kpts/Um/9/1980 dijadikan kawasan Taman Wisata Alam Sibolangit karena banyaknya aneka jenis flora dan fauna yang langka dan dilindungi oleh pemerintah serta bermanfaat untuk keperluan ilmu pengetahuan. Flora yang banyak terdapat di kawasan Cagar Alam Sibolangit adalah pohon angsana (pterocarpus indicus), sono kembang (dalbergia latifolia), kelenjar (samanea saman), nyamplung (Calophyllum inophillum), meranti (shorea Sp), palem, pinang dan pohon durian hutan.

 Cagar alam Sibolangit

Selain itu Ada pula tumbuhan merambat dan bunga bangkai (Amorphophallus titanium) yang hanya berbunga setiap lima tahun sekali. Selain keanekaragaman floranya, faunanya juga beraneka ragam, seperti kera dan lutung yang sering berkeliaran mendekati para pengunjung, lalu juga ada kuskus, babi hutan, trenggiling, kancil dan beraneka ragam jenis burung, seperti burung rangkong, kutilang, kacer, srigunting dan lain-lain. Banyaknya aneka jenis flora ini dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi, sehingga vegetasi banyak yang tumbuh di cagar alam ini dan dari banyaknya vegetasi, maka fauna yang ada juga banyak dan beraneka ragam karena habitatnya yang masih asri.

Cagar Alam Sibolangit

 Bagi pengunjung atau wisatawan yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai kawasan Cagar Alam Sibolangit, dapat menyewa tour guideyang ada di kantor pusat informasi yang ada di kawasan tersebut. Area parkir, tempat ibadah, guest house, kamar mandi dan WC umum juga disediakan. Selain itu, terdapat shelter untuk beristirahat bagi para pengunjung atau wisatawan setelah lelah berkeliling kawasan Cagar Alam Sibolangit menggunakan jalan setapak. Ada juga wisatawan lokal dan asing yang berkeliling kawasan cagar alam dengan bersepeda walaupun letih dan melelahkan. Sembari beristirahat, pengunjung dapat menikmati suasana alam yang segar dengan flora dan faunanya yang beraneka ragam. Jika pengunjung ingin merasakan segarnya air dari pegunungan, di kawasan Cagar Alam Sibolangit ini terdapat aliran sungai-sungai kecil yang masih bersih dan alami yang dapat di nikmati oleh para pengunjung atau wisatawan.

 Para pengunjung juga dapat berfoto ria dengan latar belakang pemandangan alam yang indah. Bagi yang tidak membawa bekal makanan, pengunjung dapat menikmati makanan di warung-warung makan yang tersedia tidak jauh dari lokasi Cagar Alam Sibolangit karena di dalam kawasan cagar alam tidak di sediakan warung atau rumah makan. Silahkan, bagi yang ingin berwisata alam, jangan lupa untuk mengunjungi kawasan Cagar Alam Sibolangit yang dapat menjadi tujuan destinasi wisata yang bagus.
 
SUMBER: http://www.gabeboni.com/2015/03/Cagar-Alam-Sibolangit.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar